Website Resmi Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur
" Panganku Beragam, Bergizi, Tersedia Cukup dan Terjangkau "

Misi Badan Ketahanan Pangan

Memantapkan ketersediaan pangan ditingkat rumah tangga, daerah dan wilayah melalui pengembangan cadangan pangan masyarakat dan pemerintah.

WORKSHOP KANTIN SEKOLAH SEHAT BERBASIS PANGAN LOKAL | 13 -14 APRIL 2015

Dalam mendukung peningkatan kesehatan dan kecerdasan masyarakat khususnya anak usia sekolah, Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur melaksanakan program P2KP (Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan) melalui bantuan hibah Kantin Sekolah Sehat Berbasis Pangan Lokal di Tingkat SD/MI atau SMP/MTs Tahun 2015 antara lain menyelenggarakan Workshop Kantin Sekolah Sehat Berbasis Pangan Lokal. Kegiatan Workshop Kantin Sekolah Sehat Berbasis Pangan Lokal dilaksanakan pada tanggal 13 s/d 14 APRIL 2015 bertempat di BADAN DIKLAT

Pekan Sarapan Nasional Di SD | 17 & 18 Februari 2015

Surabaya [Badan Ketahanan Pangan] - Pekan Sarapan Nasional yang di peringati setiap tanggal 14-20 Februari mengajak masyarakat umumnya dan pelajar di Indonesia khususnya untuk hidup sehat dengan sarapan yang bergizi. Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur melalui Bidang Penganekaragaman dan Konsumsi Pangan  menyelenggarakan kegiatan Pekan Sarapan Nasional pada Sekolah Dasar Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur melalui Bidang Penganekaragaman dan Konsumsi Pangan  menyelenggarakan kegiatan Pekan Sarapan Nasional pada Sekolah Dasar di Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo pada tanggal 16 & 17 Februari 2015.

Gubug Rembug - Mangan Gak Kudu Sego

Acara Talk Show Gubug Rembug di JTV dengan tema "Mangan Gak Kudu Sego"

Saat ini Angka kebutuhan beras untuk konsumsi setiap tahunnya bertambah karena mengikuti laju pertumbuhan penduduk. Disisi lain kita ketahui bersama semakin tahun semakin banyak lahan pertanian produktif yang beralih fungsi, sehingga setiap tahun kita perlu upaya yang keras dalam memenuhi kebutuhan konsumsi pangan pokok kalau tergantung hanya pada beras. 

Saatnya kita harus menoleh dan mengangkat kembali pangan lokal sumber karbohidrat selain beras yang potensinya cukup besar di wilayah Jawa Timur seperti : jagung, ubi kayu, ubi jalar, sukun, dan lain-lain. Mari kita mulai membiasakan dalam 1 hari kita makan nasi 2 kali saja sedang yang 1 kali kita ganti dengan yang bukan nasi, sehingga dengan pola kebiasaan ini kita bisa mengurangi konsumsi beras sehingga kalau beras harganya tinggi kita tidak perlu demo, kalau beras langka dipasaran kita tidak perlu impor beras dan sebagainya.

YAHOO MESSENGER LIVE CHAT

Sekretariat

Bidang Distribusi Pangan

Bidang Ketersediaan & Cadangan Pangan

Bidang Penganekaragaman & Konsumsi Pangan

Bidang Kewaspadaan Pangan

Koordinator Fungsional

Resep Variasi Bahan Pangan
blackforest sukun
cake blackforest yang biasanya menggunakan tepung terigu kini bisa juga menggunakan tepung sukun
Informasi & Statistik Ketahanan Pangan Jawa Timur
Update terakhir : 05 Mei 2015
Ketersediaan Bahan Pangan Pokok ( ton )
Beras 7.408.651
Jagung 5.075.010
Kedelai 325.964
Daging 234.016
Telur 275.684
Susu 593.249
Ikan 1.397.013
Gula 1.227.898