Website Resmi Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur
" Panganku Beragam, Bergizi, Tersedia Cukup dan Terjangkau "

WORKSHOP KANTIN SEKOLAH SEHAT BERBASIS PANGAN LOKAL | 13 -14 APRIL 2015

Kamis, 25 Juni 2015

Workshop-Kantin-copy(1)

     Dalam mendukung peningkatan kesehatan dan kecerdasan masyarakat khususnya anak usia sekolah, Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur melaksanakan program P2KP (Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan) melalui bantuan hibah Kantin Sekolah Sehat Berbasis Pangan Lokal di Tingkat SD/MI atau SMP/MTs Tahun 2015 antara lain menyelenggarakan Workshop Kantin Sekolah Sehat Berbasis Pangan Lokal.

Kegiatan Workshop Kantin Sekolah Sehat Berbasis Pangan Lokal dilaksanakan pada tanggal 13 s/d 14 APRIL 2015 bertempat di BADAN DIKLAT PU – SURABAYA. Peserta Workshop Kantin Sekolah Sehat Berbasis Pangan Lokal terdiri dariPengelola Kantin SD/MI atau SMP/MTs dan Petugas Pendamping Ketahanan Pangan Kabupaten/Kota yang menangani Kantin Sekolah pada 21 (dua puluh satu) Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang akan mendapat bantuan hibah kantin sekolah TA 2015 yang berjumlah 110 orang.

“Kami berharap kegiatan Workshop Kantin Sekolah Sehat Berbasis Pangan Lokal ini dapat bermanfaat bagi kita semua terutama para guru/pengelola kantin dalam pengenalan makanan/jajanan B2SA berbasis pangan lokal kepada anak didiknya untuk menjalani hidup sehat, aktif dan kreatif sehingga ketahanan pangan individu dapat terpenuhi”, kata Bu Tutut Herawati selaku Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur.

Lebih lanjut Bu Tutut mengatakan, “Jajanan yang disajikan di Kantin Sekolah diupayakan menggunakan hasil pertanian berbasis potensi lokal akan membantu masyarakat terutama orang tua maupun guru di sekolah dalam memanfaatkan dan mengembangkan berbagai produk olahan pangan yang lebih bervariasi dan disukai anak sekolah “.

Pengembangan Kantin Sekolah Sehat sangat dibutuhkan oleh siswa yang secara selektif menyediakan  aneka makanan dan minuman layak konsumsi yang beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) serta berbahan baku lokal. Layanan kantin di sekolah-sekolah, memiliki andil untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan derajat kesehatan para anak didik (pelajar), melalui penyediaan aneka makanan/minuman yang diperjual-belikan selama proses belajar berlangsung.

Acara di mulai dengan  pembukaan dari Ibu Tutut Herawati, kemudian di lanjut dengan pemberian materi dari Akademi Gizi yang disampaikan oleh ibu Narasumber dari AKADEMI GIZI – Surabaya (Ibu Ir. Luki Mundiastuti, M. Kes) yang memberikan materi berjudul Pentingnya Pangan Beragam Dan Gizi Seimbang Bagi Anak Sekolah, juga ada pemberian materi dari Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) yang disampaikan oleh (Ibu Dra. Wahjuni Widajati, Apt) dan memberikan materi berjudul Pengolahan Jajanan Anak Sekolah Yang Aman. Materi ketiga Fakultas Teknik – Jurusan PKK dengan materi berjudul Pemanfaatan Pangan Lokal Untuk Jajanan Anak  Sekolah Yang Sehat.

Pemberian materi yang terakhir diisi lagi oleh (Ibu Laili Rahmawati, STP, MMA)  materi dari Akademi Gizi Surabaya dengan langsung Praktek Pembuatan Makanan/Jajanan Anak Sekolah.

Contoh jajanan dari bahan thiwul, gatot, jagung, ubi dan beras cerdas antara lain :

  • Lemet gatot kacang tolo
  • Kroket tiwul udang
  • Arem jagung isi ikan sayur
  • Schotel mi tahu wortel
  • Lumpur ubi jalar kacang ijo
  • Nasi uduk beras cerdas
  • Arem-arem  beras cerdas
  • Kroket beras cerdas

HASIL-OLAHAN-BAHAN-PANGAN-LOKAL

Narasumber juga memberikan tips-tips seputar memasak bahan pangan lokal kepada peserta untuk diaplikasikan sehari-hari.

Tips mengolah thiwul, gatot dan jagung yaitu :

  • Mengolah tiwul, jagung dan gatot supaya aroma khasnya berkurang selama proses pengolahan perlu ditambahkan daun pandan atau vanili.
  • Untuk menghasilkan beras jagung dan gatot yang empuk. sebelum dimasak rendam dulu dengan air panas selama 20-30 menit
  • Untuk menghasilkan tiwul yang empuk sebelum diolah tuang tiwul dengan air hangat/santan hangat.

Tags :


« kembali ke berita